Kiddonesia - Informasi Belanja Online dan Memilih Produk Anak & Keluarga Yang Tepat

Pentingnya Membangun Kepemimpinan Anak Sejak Usia Dini


Ketika membicarakan kepemimpinan pertanyaann awal selalu muncul sebagai berikut: Apakah pemimpin itu dilahirkan atau dibentuk? Para ahli leadership masih berbeda pendapat tentang hal ini. Ada yang mengatakan bahwa leadership itu mutlak di wariskan tapi ada juga yang berpendapat leadership itu adalah proses pembelajaran. Saya lebih setuju, leadership adalah gabungan sifat-sifat yang dibawa sejak lahir dan proses yang terjadi dalam belajar sehari-hari lewat pengalaman nyata atau kehidupan yang kita jalankan.

Saya percaya bahwa sifat atau karakter saya akan menurun kepada anak saya, tetapi seiring dengan masa pertumbuhannya sifat-sifat tersebut akan banyak dipengaruhi oleh faktor luar seperti pendidikan, pergaulan, pengalaman, dan sebagainya. Mengapa membangun leadership atau kepemimpinan  pada anak penting? Ya, karena mereka akan menghadapi situasi tantangan kehidupan yang kebih berat di masa yang akan datang. Sumber daya makin sedikit, jumlah manusia lebih banyak, kesempatan makin sulit, persaingan makin berat, dan hdup bukan menjadi lebih mudah. Untuk menghadapi itu semua dibutuhkan pribadi yang kuat yang memiliki kepemimpinan yang baik, terutama memimpin diri sendiri terlebih fahulu sebelum mengambil kesempatan untuk memimpin orang lain. Dibutuhkan pendidikan untuk membangun leadership sejak usia balita, sejak usia dini.

Apakah Kepemimpinan itu?

Kepemimpinan (leadership) adalah strategi, kebijakan, pengaruh, atau cara yang dilakukan oleh pemimpin untuk merespon terhadap tantangan organisasi yang dipimpinnya. Untuk lingkup yang paling kecil (pribadi) kepemimpijan berguna untuk memimpin dirinya menjadi pribadi lebih berkualitas yang siap menghadapi tantangan yang muncul dari fungsi seseorang di dalam masyarakat. Untuk memperoleh kepemiminan yang berkualitas seperti itu tidak mungkin dilakukan hanya semalam atau dalam waktu yang singkat. Diperlukan waktu yang lama dan secara konsisten untuk membangun kepemimpinan pada anak kita, membangun kepemiminan dalam dirinya. Itu semua hanya bisa dilakukan lewat usia awal-awal perkembangan mereka di usia dini. Prosesnya terjadi secara terus menerus di rumah, sekolah, dan di dalam lingkungan masyarakat dimana kita membesarkan mereka.

Pertanyaan berkutnya adalah dengan membekali mereka dengan kepemimpinan (leadership) yang baik sejak usia dini apakah menjadi jaminan bahwa hidupnya akan sukses kelak di masyarakat? Tidak ada jamainan, tetapi paling tidak kita telah memberinya satu tool, alat atau senjata (weapon) untuk menaklukkan tantangan kehidupannya di masa depan dengan membangun dasar leadership dari usia se-dini mungkin, hari ini.

1 komentar:

  1. kira-kira ada refrensi buku tentang leadership untuk anak usia dini tidak? sesuai dengan artikel di atas. terima kasih

    BalasHapus

Anti Spam is active for your trustworthy.