Kiddonesia - Informasi Belanja Online dan Memilih Produk Anak & Keluarga Yang Tepat

Membentuk Pemimpin Ideal yang Memiliki Kejujuran dan Keteguhan

Ada beberapa hal yang mudah dilihat oleh orang awam sekalipun tentang kepemimpinan ketika seorang pemimpin tampil pemimpin organisasinya. Misalnya saja tentang kejujuran yang merupakan salah satu karakter yang paling mudah dilihat walaupun bentuknya intangible namun sangat penting. Tom Peters Group dan Universitas Santa Clara telah mewancarai lebih dari 5000 manager senior perusahaan dan hasilnya terdapat 10 karakter pemimpin ideal yang paling dikagumi yakni:

1. Jujur (honest).
Kejujuran adalah ciri pemimpin yang paling hakiki dan paling mudah dilihat. Kejujuran inilah yang mendasari setiap tindakan sebagai hasil dari kebijakannya. Seorang pemimpin ideal harus memiliki kejujuran dan integritas (kemampuan berpegang pada keteguhan pada kebenaran).

2. Kompeten (competent).
Seorang pemimpin harus memiliki kecakapan pribadi, yang terlihat dalam gaya kepemimpinannya yang menyesuaikan dengan tantangan organisasi. Ketrampilan dalam menentukan arah, meyakinkan anggota organisasi, memahami akar permasalahan, adalah diantara bentuk kompetensi pemimpin.

3. Visi yang jauh ke depan (long term vision).
Pemimpin yang ideal mampu melihat apa yang tidak terlihat yaitu perubahan yang mungkin akan terjadi beberapa tahun kedepan sekaligus mampu mengantisipasi kemana perubahan bergerak.

4. Inspirasional (inspirational).
Pemimpin yang baik pandai memberikan mimpi, motivasi, dan mendorong orang-orang dalam organisasinya berani bermimpi lebih tinggi, berusaha dan bertindak lebih keras.

5. Cerdas (brainy).
Pemimpin ideal haruslah cerdas dalam arti tahu batas-batas yang menjadi pengetahuannya dan kemampannya, serta kapan harus memberikan kesempatan kepada orang lain untuk tampil memberikan gagasan atau masukan alternatif atau terobosan yang lebih baik.

6. Berkeadilan (righteous).
Pemimpin yang memiliki kejujuran yang tinggi umumnya juga memiliki karakter yang adil. Adil berarti tidak memihak, bertindak fair, tidak pilih kasih, dan menempatkan segala sesuatu pada proporsi semestinya dan mengormati peraturan yang ada.

7. Berwawasan luas (insightful).
Pemimpin yang baik harus memiliki pengetahuan yang cukup, dan wawasan yang luas sehingga dapat mengambil keputusan dengan berani dan tepat.

8. Berani (courageous).
Keberanian bertindak dan bersikap karena dilandasi dengan prinsip yang benar semata-mata karena tanggungjawab kepada orang-orang yang dipimpinnya dan kepada Tuhan.

9. Konsisten (consistent)
Pemimpin perlu tegas dalam bersikap, persistent (keteguhan) dalam mempertahankan prinsip, dan konsisten antara perbuatan dan perkataan. Konsisten dalam menjalankan kebijakan yang telah diputuskan.

10. Imajinatif (imaginative).
Melengkapi 10 karakter pemimin ideal adalah imaginasi. Imajinasi dibutuhkan untuk tetap membuat organisasi yang dipimpinnya survive dalam menghadapi tantangan dalam bentuk perubahan lingkungan. Imajinasi adalah kunci untuk melakukan adaptasi, dan inovasi.

10 karakter pemimpin tersebut merupakan kualitas kepribadian sehingga dengan kejujurannya, kompetensinya, kecerdasannya, imajinasi, dan wawasannya yang luas para pemimpin mampu mengambil keuputusan yang adil, berani, dan memiliki visi jangka panjang. Mereka juga mampu memberikan semangat, tindakan nyata, dan keyakinan dan konsistensi dalam mempertahankan keteguhan hatinya bagi orang-orang yang dipimpinnya untuk berani bermimpi lebih tinggi, belajar lebih keras, dan berbuat lebih banyak untuk mengejar tujuan bersama. 

Contoh keteguhan, keuletan, kejujuran, dan banyak karakter mulia lainnya dari seorang pemimpin bisa anda lihat pada diri Abraham Lincoln, Presiden ke 16 Amerika Serikat. Kenapa ia begitu istimewa? Ia adalah sosok Presiden yang memiliki latarbelakang kesulitan hidup terbesar dibanding Presiden Amerika yang lain: ia berpendidikan sangat terbatas, terlahir dari keluarga miskin, gagal berbisnis pada saat usianya 24 tahun, delalapan kali kalah dalam Pemilu untuk jabatan dewan perwakilan dan Wapres, namun ia pantang menyerah untuk memperjuangkan mimpi besar bangsa Amerika dan setelah akhirnya ia menjadi Presiden ia pun terus berjuang untuk sebuah impian bagi semua orang yaitu “pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat” – itulah impian terbesar Abrahan Lincoln yang membuat Amerika menjadi negara besar dan pemimpin dalam demokrasi modern seperti sekarang.

6 komentar:

  1. Artikelnya bagusss...
    Pemimpin memiliki peran yang sangat vital dalam organisasi. keberlangsungan hidup sebuah organisasi tergantung dari karakter pemimpinnya.
    Sekedar ingin berbagi aja, barangkali bisa menambah sedikit referensi mengenai karakteristik kepemimpinan yang dapat dijadikan teladan.
    Klik --> Makalah Peran Kepemimpinan di Martha Tilaar

    BalasHapus
  2. oke banget artikelnya.....jujur saja saya ingin seorang pemimpin bisa memberikan petunjuk jalan yang benar baik berdasarkan agama atau ideologi.

    BalasHapus
  3. oke banget artikelnya.....jujur saja saya ingin seorang pemimpin bisa memberikan petunjuk jalan yang benar baik berdasarkan agama atau ideologi.

    BalasHapus
  4. Memang sulit mencari sosok pemimpin yg sperti anda tulis...tp sy yakin pasti ada

    BalasHapus
  5. terimakasih bro buat informasinya.. mantab deh bro..

    BalasHapus
  6. Izin share ya gan....biar pilkada menghasilkan pemimpin yg amanah

    BalasHapus

Anti Spam is active for your trustworthy.