Kiddonesia - Informasi Belanja Online dan Memilih Produk Anak & Keluarga Yang Tepat

Memilih Mainan yang Tepat untuk Anak Usia Dini

Mainan adalah satu daftar penting dalam kehidupan anak-anak. Mainan diyakini bukan saja membuat anak senang ketika bermain, tetapi lebih dari itu mainan memberikan fungsi yang jauh lebih penting yaitu belajar. Oleh sebab itu memilih mainan yang tepat menjadi sangat penting bila kita memahami fungsi mainan untuk perkembangan anak sejak usia dini.

Alasan Membeli atau Memilih Mainan

There is always reason to buy toys. Alasan membeli mainan antara lain adalah:
  • Kado atau hadiah. Alasan pertama adalah untuk memberikan kado yang tepat di saat kelahiran anak tetangga, teman atau relasi kita. Mainan bayi atau produk bayi adalah salah satu pilihannya. Tentu saja kita harus mempertimbangkan harganya, jenis mainannya, kesesuaian, usianya, fungsinya,  ukurannya, dan lain-lain ketika akan memilih mainan untuk kado. 
  • Perayaan. Alasan  kedua adalah perayaan. Setiap saat selalu ada yang dirayakan, misalnya kenaikan kelas, meraih prestasi tertentu, dan lain-lain. Mainan adalah salah satu alasan utuk dibeli untuk merayakan sesuatu prestasi anak.
  • Pendidikan. Alasan berikutnya adalah untuk wahana pendidikan, baik pendidikan usia dini maupun pendidikan di masa selanjutnya. Beberapa mainan tertentu misalnya, mengenal huruf, mengenal bentuk (shape shorter), paraga science, model kit, robotik, dll sangat tepat digunakan untuk menunjang proses pemahaman konsep pendidikan tertentu. Salah satu cara adalah merayakannya dengan membelikan mainan baru. 
  • Liburan. Alasan lain adalah karena holiday atau liburan. Liburan sekolah yang panjang tidak sempurna tanpa hadirnya suatu mainan baru apakah itu yang bisa di mainkan di rumah, di luar rumah (outdoor), dalam perjalanan atau gabungan antara ketiganya. 
  • Hobby dan Koleksi. Alasan berikutnya adalah untuk hobby atau koleksi. Banyak orang membeli mainan bukan untuk dimainkan tapi untuk disimpan ata dimiliki sebagai koleksi pribadi.

Tips Memilih Mainan yang Tepat
  • Sesuaikan produk mainan dengan usia anak. Sebagai orang tua kita harus memilih produk mainan yang tepat yang disesuaikan dengan usia anak-anak kita.
  • Pastikan mainan tersebut memiliki standard safety atau keselamatan yang dipercaya. Beberapa mainan tidak memiliki pengujian kualitas yang ketat sehingga lolos masuk ke pasar, terutama mainan non branded dari China.
  • Pahami tingkat perkembangan anak, contoh: ketika anak mulai belajar di usia dini dalam hal berjalan misalnya maka mainan yang mendorongnya untuk menguasai kemampuan berjalan seperti mainan jenis push behind walker, ride on, dll akan sangat berguna.
  • Pastikan mainan tersebut mudah dibersihkan untuk digunakan berulang-ulang.
  • Pastikan anda memiliki tempat menyimpan mainan yang baik di rumah, sehingga ketika selesai dimainkan mainan-mainan tersebut dapat disimpan dengan rapih.

2 komentar:

  1. SETUJU.. Dunia anak adalah bermain. Mainan yang tepat akan mendukung perkembangannya
    www.TokoMainanDaupakidz.com

    BalasHapus
  2. izin copas dengan menyebutkan sumber.

    BalasHapus

Anti Spam is active for your trustworthy.