Kiddonesia - Informasi Belanja Online dan Memilih Produk Anak & Keluarga Yang Tepat

Mitos Spiritual dalam Menumbuhkan Kepemimpinan Anak


Kepemimpinan itu sesuatu yang sangat rumit, susah dipelajari dan prosesnya sangat menekankan pada aspek spiritualitas atau pengalaman pribadi seseorang. Leadership itu lebih banyak terkait dengan aspek spiritual seseorang dan sulit untuk dipelajari, apalagi untuk menumbuhkannya dalam diri anak. Itulah salah satu mitos diantara mitos-mitos yang lain yang selama ini menyelimuti dunia kepemimpinan.

Di jaman modern sekarang ini kenyataanya tidak seperti itu. Anda tidak perlu bertapa di gunung untuk memperoleh pencerahan dan menjadi pemimpin. Kita dapat memperoleh keilmuan dan ketrampilan memimpin lewat membaca.  Para Nabi dan Rasul atas petunjuk Allah sudah mengambil peran yang berat bertahannus, bertemu malaikat atau Tuhan secara kangsung untuk menerima kitab suci, kita tinggal mengimani, membaca dan mehami isinya sekarang. Perintah membaca inipun sangat jelas diperintahkan Allah SWT dalam Al Qur’an. Membaca kehidupan sehari-hari yang terhampar luas disekitar kita, atau membaca buku ini dan jutaan buku di luar sana yang sudah ditulis orang. Sudah saatnya kita mengajarkan anak-anak kita untuk banyak membaca, memberi mereka contoh agar menyenangi dan menumbuhkan rasa ingin tahu dengan banyak membasa, kritis, dan banyak bertanya. Dalam banyak hal itu merupakan dasar yang penting untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan dalam dirinya.

Menghapus Mitos dengan Belajar dari Para Pemimpinan di Masyarakat 

Saat ini banyak muncul para pemimpin sosial, bisnis, dan keagamaan atau gabungan dari ketiganya yang dengan terang-terangan berbagi pengalaman dan mengajak siapapun untuk ikut sukses melentingkan potensi kepemimpinan dari dalam diri kita. Banyak tokoh-tokoh hebat yang muncul dengan gaya leadership uniknya masing-masing  untuk bisa dicontoh atau diikuti oleh siapapun termasuk sebagai bahan pelaran yang dapat kita gunakanuntuk menjelaskan kepada anak-anak kita. Yusuf Mansur seorang Ustat cerdas  yang  sangat tertarik  dengan entrepreneurship dan terkenal lewat acar TV “Chating bersama YM” ditambah dengan penerbitan YM Books nya begitu intensif mengajak siapapun untuk bisa menjadi pemimpin yang sukses dunia dan akhirat. 

Ary Ginanjar Agustian, yang terkenal dengan kepemimpinan coaching nya lewat ESQ Leadership Centre yang mendapat predikat sebagai The Most Powerful People and Ideas in Business 2004 oleh majalah SWA juga dapat kita ikuti ide-ide pencerahan dan kepemimpinannya lewat acara show di TVRI maupun lewat buku-bukunya. 

Atau bila kita ingin menumbuhkan leadership anak kita dalam bidang marketing dan bisnis yang baik kita dapat belajar banyak lewat buku-buku manajemen seorang Himawan Kertajaya yang merupakan tokoh dunia dalam bidang pemasaran. Pendiri MarkPlus & Co ini pernah menjadi Presiden World Marketing Association dan  merupakan salah satu “50 Gurus Who Have Shaped The Future of Marketing” sebuah predikat terhormat yang dikeluarkan oleh The Chartered Institute of Marketing yang berkantor di Inggris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anti Spam is active for your trustworthy.